Pengertian dan Jenis-Jenis Power supply (PSU)

Contoh Tampilan PSU
Contoh Tampilan PSU
     Hello semua pengunjung setia NekoCyber^^ Kali ini kita akan membahas Pengertian dan Jenis-Jenis Power supply (PSU)Bagi kalian semua yg belum tahu/mengerti tenang aja semua akan kita bahas hanya di NekoCyber^^ Check it Out !

Power Supply (PSU) adalah perangkat keras yang berfungsi untuk menyuplai tegangan langsung kekomponen dalam casing yang membutuhkan tegangan, misalnya motherboard, hardisk, vga, dll. Input power supply berupa arus bolak-balik (AC) sehingga power supply harus mengubah tegangan AC menjadi DC (arus searah), karena hardware komputer hanya dapat beroperasi dengan arus DC.Power supply berupa kotak yang umumnya diletakan dibagian belakang atas casing.


  • Jenis-Jenis Power Supply :
1. Power Supply AT
PSU AT 12 Pin
PSU AT 12 Pin
Power Supply AT merupakan jenis power supply lama dan mulai jarang digunakan, bahkan sudah tidak digunakan sama sekali. Untuk Power Supply Jenis AT, dalam melakukan pemasangan kabel power ke motherboard, kabel berwarna hitam pada dua konektor harus bertemu ditangah bila disatukan.

Ciri-Ciri Power Supply AT :

  1. Kabel power untuk motherboard terdiri 8 – 12 pin
  2. Tombol ON/OFF bersifat manual
  3. Daya rata-rata dibawah 250 watt
  4. Ketika shutdown, PC tidak otomatis mati tetapi masih harus menekan tombol power di casing
Pada power supply jenis AT ini, tombol ON/OFF dihubungkan langsung dengan tombol casing. Untuk menghidupkan dan mematikan, kita harus menekan tombol power yang ada pada casing bagian depan.

2. Power Supply ATX
PSU ATX 24 Pin
PSU ATX 24 Pin
Power supply Jenis ATX (Advacned Technology Extended) adalah jenis power supply yang saat ini paling banyak digunakan. Yang membedakannya dengan Power supply AT adalah cara pemasngan kabel power ke motherboard yang lebih mudah dan praktis. Tidak perlu khawatir akan terbalik, karena jenis konektor pada kabel sudah disesuaikan dengan jenis slot yang ada pada motherboard.

Ciri-Ciri Power Supply ATX :

  1. - kabel power untuk motherboard terdiri dari 20 – 24 pin
  2. - Ketika shutdown PC akan otomatis mati
  3. - Terdapat tambahan power SATA
  4. - Daya lebih besar
  5. - Efisiensi lebih baik

Sedikit tips dari saya dalam memilih psu :

  1. perhatikan merk psu, pastikan memilih merk yang jelas seperti Seasonic, Corsair, FSP, Super Flower, dll.
  2. pilih merk yang sudah ada web resminya contoh web resmi FSP : www.fsplifestyle.com
  3. perhatikan juga efisiensi dari psu tersebut, biasanya PSU yang memiliki efisiensi yang bagus ditandai dengan sertifikasi 80+.
  4. berat psu juga menentukan kualitas dari komponen yang dipakai.
     Demikian pembahasan kali ini tentang Pengertian dan Jenis-Jenis Power supply (PSU). semoga informasi diatas dapat memberikan lebih banyak informasi kepada kita seputar Teknologi.

1 Response to "Pengertian dan Jenis-Jenis Power supply (PSU)"