Pengertian, Fungsi, dan Bagian-Bagian Processor

Contoh Tampilan Processor
     Hello semua pengunjung setia NekoCyber^^ Kali ini kita akan membahas Pengertian, Fungsi, dan Bagian-Bagian ProcessorBagi kalian semua yg belum tahu/mengerti tenang aja semua akan kita bahas hanya di NekoCyber^^ Check it Out !  

Processor/Central Processing Unit ataupun sering disebut otak komputer, secara jelasnya prosesor adalah sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dengan fungsi melakukan perhitungan dan menjalankan tugas. Processor terletak pada socket yang telah disediakan oleh motherboard, dan dapat diganti dengan processor yang lain asalkan sesuai dengan socket yang ada pada motherboard. Salah satu yang sangat besar pengaruhnya terhadap kecepatan komputer tergantung dari jenis dan kecepatan processor.

Prosesor berfungsi sebagai alat untuk memproses data yang diterima dari masukan (input) yang seterusnya akan menghasilkan keluaran (output). Pada waktu prosesor memperoses data ,prosesor juga akan terhubung dengan komponen computer yang lain , terutama Hardisk dan RAM. Processor sendiri pada umumya hanya berfungsi untuk untuk memproses data yang di terima dari masukan atau input, kemudian akan menghasilkan keluaran atau output.

Cara kerja processor akan terus terhubung dengan komponen komputer yang lainnya, terutama hardisk dan RAM. Fungsi Processor juga di gambarkan sebagai otak dari sebuah komputer itu sendiri, di mana setiap data akan melalui processor mengeluarkan atau output yang sepatutnya. Processor juga dikenal sebagai Central Processing Unit atau ringkasan CPU.

(Baca juga : Pengertian, Fungsi, dan Jenis-Jenis Motherboard)


Bagian-bagian processor komputer :

1. Aritcmatics Logical Unit (ALU)
Aritcmatics Logical Unit (ALU) berfungsi untuk membantu processor dalam mengerjakan beberapa tugas dasar yang terjadi sesuai dengan intruksi program seperti perhitungan aritmatika (tambahan, pengurangan, dan semacamnya), pelaksanaan logis (AND, OR, NOT), dan pelaksanaan perbandingan (membandingkan isi sebanyak dua slot untuk kesetaraan). Banyak yang bilang, ALU merupakan unit tempat processor benar-benar melakukan pekerjaannya dalam pengoperasian sebuah komputer.

2. Control Unit (CU)
Control Unit (CU) merupakan bagian dari processor yang berfungsi sebagai pengatur lalu lintas data seperti input dan output. Unit inilah yang menjaga serta memberitahu unit masukan mengenai jenis data, waktu pemasukan, dan tempat penyimpanan didalam primary storage. Control unit juga bertugas memberitahu Aritcmatics Logical Unit (ALU) mengenai operasi yang harus dilakukan, tempat data yang diperoleh, dan letak hasil ditempatkan. Berkat adanya unit ini, segala perhitungan dan eksekusi data dapat dilakukan secara teratur, tanpa tumpang tindih antara perintah satu dengan lainnya.

3. Register Unit (RU)
Register Unit (RU) bertugas sebagai alat penyimpanan kecil namun memiliki kecepatan akses yang lebih tinggi dibandingkan memori utama. Disinilah alamat-alamat register data yang diolah oleh ALU dan CU disimpan di dalam processor sebelum akhirnya diolah kembali.

     Demikian pembahasan kali ini tentang Pengertian, Fungsi, dan Bagian-Bagian Processor. Semoga informasi diatas dapat memberikan lebih banyak manfaat kepada kita semua seputar Teknologi.

0 Response to "Pengertian, Fungsi, dan Bagian-Bagian Processor"

Post a Comment