Pengertian, Fungsi, dan Jenis-Jenis VGA

Contoh tampilan VGA
     Hello semua pengunjung setia NekoCyber^^ Kali ini kita akan membahas Pengertian, Fungsi, dan Jenis-Jenis VGABagi kalian semua yg belum tahu/mengerti tenang aja semua akan kita bahas hanya di NekoCyber^^ Check it Out !

VGA kepanjangan dari Video Graphics Adapter yang berfungsi mengolah data graphis untuk ditampilkan pada layar monitor, VGA Card memiliki prossesor yang di sebut GPU (Graphics Processing Unit) dan membutuhkan memory. Untuk proses desain grafis atau bermain game, diperlukan VGA Card yang berperforma tinggi.

Fungsi VGA Card atau Graphic Card (kartu grafis) ataupun Video Card adalah berfungsi untuk menerjemahkan atau mengubah sinyal digital dari komputer menjadi tampilan grafis pada layar monitor. VGA card, graphic card, atau video card terdiri dari berbagai pilihan. Namun, meskipun terapat banyak pilihan, pada dasarnya atau secara umum tedapat 4 jenis saja yang beredar dipasaran :

Jenis-Jenis VGA Card :

jenis-jenis slot vga
jenis-jenis slot vga

  1. Integrated / On Board, Graphic card yang terintegrasi atau biasanya juga sering dikenal dengan istilah on-board maksudnya ialah graphic card yang telah ditanamkan di dalam motherboard saat proses perakitan di pabrikan. VGA On Board menggunakan RAM sebagai Memory VGA alias Share Memory. Biasanya chip yang paling sering dan banyak digunakan untuk jenis ini seperti intel, SIS, dan VIA.
  2. PCI, Merupakan graphic card yang menggunakan slot PCI pada motherboard agar dapat terhubung dengan komputer. Graphic card ini biasanya jenis yang lama atau sudah tidak up-date lagi. Kebanyakan motherboard jenis lama masih memiliki slot PCI ini, tetapi hanya terbatas pada beberapa konektivitas dan tidak mendukung konektivitas jenis baru. Oleh karena hal tersebut, penggunaan graphic card ini biasa digunakan untuk meng-upgrade sistem lama saja.
  3. AGP, Seperti halnya PCI, AGP juga terhubung dengan motherboard. AGP card ini memiliki empat kecepatan, yang tercepat adalah 8x. Tetapi, jika digunakan pada motherboard yang memiliki kecepatan yang lebih rendah misalnya 1x, 2x atau 4x, maka graphic card ini akan mempunyai kecepatan yang lebih rendah dari kecepatan sebenarnya. VGA card AGP ini tidak secepat PCI, dikarenakan keterbatasa teknologi yang dimilikinya. Tetapi, seperti halnya PCI, graphic card ini masih lebih banyak yang sesuai/kompatibel dari kebanyakan graphic card yang lebih canggih.
  4. PCI-Express, PCI-E card merupakan graphic card tercanggih yang terhubung ke slot PCI-E pada motherboard dan memiliki kecepatan 16x. Selain itu, motherboard yang memiliki slot PCI-E lebih dari satu pun dapat terhubung dengan graphic card ini sejumlah slot PCI-E yang dimiliki motherboard tersebut. 


Saat ini dua produsen Vga Card yang terkenal yaitu AMD & Nvidia 

Demikian pembahasan kali ini tentang Pengertian, Fungsi, dan Jenis-Jenis VGA. semoga informasi diatas dapat memberikan lebih banyak informasi kepada kita seputar Teknologi.

2 Responses to "Pengertian, Fungsi, dan Jenis-Jenis VGA"

  1. wow, kalo GT 920m masih dibawah GTX 720 atau setara?

    ReplyDelete
  2. Mantap artikelnya gan, sangat menarik, kunjungi juga gatlingkom, situs ini berisi informasi lengkap komputer.

    ReplyDelete